Monday, December 23, 2013

Ibu - Hari Ibu 22 Desember 2013



Ibu

“Setiap hari adalah ibu,” tutur Kiai Cilik

Dari Bahaz bin Hakim, dari bapaknya, dari kakeknya, aku berkata,

يَا رسول الله مَنْ أَبَرُّ؟ قَالَ : أُمَّكَ، قُلْتُ:ثُمَّ مَنْ أَبَرُّ؟ قَالَ: أُمَّكَ، قُلْتُ:ثُمَّ مَنْ أَبّرُّ؟ قَالَ : أّمَّكَ، قُلْتُ:ثُمَّ مَنْ أَبَرُّ؟ قَالَ: أَبَاكَ، ثُمَّ اْلأَقْرَبَ فَاْلأَقْرَبَ  
"Wahai Rasulullah! Siapa yang harus saya perlakukan dengan baik?" Rasulullah menjawab, "Ibumu". Saya bertanya lagi, "Siapa yang harus saya perlakukan dengan baik?" Rasulullah menjawab, "Ibumu" Lalu saya bertanya, "Siapa yang harus saya perlakukan dengan baik?" Rasulullah menjawab, "Ibumu". Saya bertanya, "Siapa yang harus saya perlakukan dengan baik?." Rasulullah menjawab, "Bapakmu, kemudian kerabat yang terdekat, lalu kerabat yang terdekat." (HR. Bukhari - Hasan, di dalam kitab Al Inva (2232, 829), dan di dalam (Sunan Tirmidzi, 25- Kitab Al Birru wa Ash-Shilat, 1- Bab Ma Ja'a fi Birril-Walidain).

Satu satu panggung kehidupan yang wajib tidak terlupakan adalah peran sesosok ibu. Satu-satunya ruang pendidikan ialah kenyataan bahwa anakmu ini terlahir dari rahimu ibu. Aku mampu memandang dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, namun sungguh ironi jika ilmu pengetahuan hanya sebatas simbol-simbol formal. Ia hadir di sekolahan, perpustakaan mewah, kantin yang bersih, buku pelajaran beserta seragamnya.

Ibu engkaulah ilmu pengetahuan yang menjadikan ruang itu memiliki nuansa kasih dan sayang dan ruang kelasku memiliki teladan yang baik. Engkaulah ruang dan panggung kehidupan. Ibu di hatiku telah kau wariskan mutiara yang paling berharga di dunia, kau tanamkan cinta yang selalu tumbuh dan berbuah.

* * *

“dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia.” (QS. Al-Isra’/17: 23)

Rumah Pendidikan Sciena Madani – 22/12/13
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: