Saturday, November 1, 2008

LK I HMI MPO FPMIPA IKIP PGRI Semarang

Aku Jadi Pembicara

Hari ini tepat hari sabtu tanggal 01 bulan oktober 2008 aku untuk pertama kalinya menjadi pemateri di basic training HMI Komisariat FPMIPA IKIP PGRI Semarang. Walaupun ini bukan kali pertama aku menjadi pemateri namun ada hal lain ang perlu anda ketahui. Di HMI MPO anggota atau kader harus mengikuti tahapan-tahapan seperti untuk menjadi anggota tetap kader HMI maka ia harus ikut basic training atau latihan kader (LK I) dan kemudian berlanjut mengikuti latihan kader (LK II), setelah tercapai kemudian kita bisa mengikuti jenjang pendidikan berupa pelatihan seniour course yaitu pelatihan untuk kader supaya menjadi pengader yang mempunyai tugas untuk mempertahankan kelangsungan hidup HMI.
Menjadi pemateri di LK I tidak sekedar kita mengisi acara dan kemudian setelah selesai langsung bebas lepas. Akan tetapi ada tahap[an bagi pengader untuk sampai menjadi pemater. Pertama ia harus menjadi pemandu pasif dan kemudian menjadi pemandu aktif setelah itu baru ia bisa menjadi pembicara atau instruktur di pelatihan.
Walaupun aku sudah terbiasa menjadi pemateri, namun saat memberikan materi LK untuk pertama kalinya ini aku terlihat kuran gpercaya diri, walaupun tampak dari raut wajah maupun fisik tidak terlihat. Tapi syukur allahdulillah aku dapat menyelesaikannya dengan baik walaupun masih banyak kekurangan.
Bukannya aku kurang menguasau materi atau menguasai forum. Tapi apa kau tahu pada saat memberikan materi LK aku dalam kondisi yang tidak enak badan. Sebenarnya seluruh badanku panas, otakku mengalami penyempitan pembulu darah dan bahkan mataku terlihat agak rabun jadi saat memanandang peserta aku tidak mendapati kenikmatan.
Subhanallah mengapa engkau berikan ujian-Mu saat ini , padahal untuk pertama kalinya aku menjadi pemateri di basic training kali ini.
Apa kau tahu...materi yang kusampaikan yaitu tentang
"KEPEMIMPINAN", Sungguh berbobot


ku luangkan waktu sedetik demi cahaya pagi
embun bertamsya mencoret awan gelap
mencari inti di balik tabir nafsu
terpecah gelombang ombak muncrat
kena rangakain tangan berdarah menangis
sungguh engkau pemalang di siang bolong
adakah mimpi di pikiranmu
adakah harapan di hatimu
engkau adalah pewaris bumi
huni dan nikmati
siang dan malam ini
selamat tidur pemimpinku...
1 oktober 2008
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: